Sabtu, 06 Oktober 2012

KNPI Bitung "disayangi"

(ki-ka : Sekretaris GMNI Bitung, Ketua GMNI Bitung, Bendahara Korda Sulut)
Sejumlah Mahasiswa dan organisasi kepemudaan yang ada di Kota Bitung mengkritisi keberadaan organisasi kepemudaan tertinggi yaitu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bitung, Selasa (24/7/2012).

"KNPI Bitung tidak becus kepengurusannya, ini dibuktikan dengan tidak adanya Sekretariat KNPI Bitung sejak kepengurusannya dilantik tahun 2010 dan akan berakhir tahun 2013," kata Sekretaris GMNI Bitung Alfian Alow, Selasa (24/7). Menurut kritik yang dilayangkan tersebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap organisasi. "Ini untuk nama baik KNPI Bitung dan organisasi kepemudaan lainnya," tandasnya. Sementara itu sejumlah Mahasiswa ikut mengkritik keberadaan KNPI Bitung yang baru saja bertambah usia 39 tahun beberapa hari yang lalu.


"Sebagai mahasiswa hingga sekarang saya belum merasakan atau tahu peran KNPI Bitung bagi pembangunan kota ini dan saya juga pertanyakan program pengurus di hari bersejarah KNPI pada hari ini," ujar Diman Hasan mahasiswa STIMIK Samudera Bitung. Hal ini harus direspon oleh pengurus KNPI khususnya KNPI Bitung dalam memaknai HUT ke 39. "Sejak hari ulang tahun yang jatuh pada (22/7) yang lalu hingga saat ini tidak ada kegiatan yang dilakukan mereka," tandasnya.

Pernyataan yang sama juga dilayangkan oleh Marfi Sagune, menilai KNPI merupakan induk dari semua organisasi kepemudaan harusnya memaknai HUT KNPI ke 39. "KNPI Bitung mesti menggunakan momen ini untuk kembali menggairahkan kembali semangat kebangsaan para pemuda," kata Marfi. Lanjutnya KNPI Bitung saat ini perlu melaksanakan berbagai program-program untuk kepemudaan dimasa kini.


"Seperti seminar guna memberikan pencerahan kepada pemuda tentang paham kebangsaan dan ini alangkah baiknya digagas oleh KNPI Bitung," tandas mahasiswa STISIP Merdeka Bitung. Ditempat berbeda mahasiswa STIE Petra Bitung menilai saat ini pengurus KNPI Bitung melakukan evaluasi program yang belum. Dan telah dilakukan. "Saya akan merasa gembira dan senang jika KNPI Bitung lebih aktif lagi dalam menyuarakan suara kepemudaan untuk kemajuan bersama," ujar Friando Onthoni.

Lain juga dikatakan oleh mahasiswa STIE Petra Bitung, "seharusnya pengurus mengevaluasi program apa yang belum dilaksanakan dan saya sangat gembira jika KNPI Bitung lebih aktif lagi dalam menyuarakan suara kepemudaan untuk kemajuan bersama" ujar Friando Onthoni yang turut diiyakan temannya sesama mahasiswa Yusuf Kumadji.

Terpisah Ketua KNPI Bitung saat dikonfirmasi terkait belum memiliki sekretariat hingga saat dibenarkan olehnya. "Memang belum, dan kami akan berupaya sebelum masa kepengurusan selesai akan ada sekretariat KNPI Bitung," kata Raymond Luntungan. Dijelaskannya saat ini pihaknya tengah melakukan upaya mendapatkan lokasi yang bisa dijadikan sekretariat KNPI Bitung, seperti di gedung kesenian dan gedung PKK. "Sampai saat ini gedung PKK sudah mendapat lampu hijau dari ketua TP PKK Bitung Ny Josephein Sondakh Taroreh," tambahnya. Sementara itu mengenai kritik tidak ada kegiatan yang digelar KNPI saat HUT KNPI ke 39 ini, menurutnya masih sementara dalam perencanaan.

"Dalam waktu dekat akan menggelar kegiatan, masih mau dibicarakan dengan teman-teman pengurus dan provinsi," tuturnya. Lanjutnya dalam kegiatan yang akan digelar nanti dirangkaikan dengan bulan puasa dan menyambut HUT RI Agustus mendatang. "Memang ada beberapa program yang belum, ada juga yang tidak jalan serta ada yang diselenggarakan KNPI namun KNPI tidak turun langsung," kata dia. Menurunya KNPI sebagai wadah berhimpun tidak harus turut serta dalam kegiatan kepemudaan. "KNPI sebagai pemarkarsa dan OKP yang akan melaksanakan kegiatan tersebut," tandasnya. (http://manado.tribunnews.com/2012/07/24/knpi-bitung-dikritik-gmni)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Hidup adalah Perjuangan Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger